Pasang Gigi Palsu Di Jogja

Pasang Gigi Palsu di Jogja Agar Tampil Lebih Percaya Diri

Pasang Gigi Palsu Di Jogja semakin mudah dilaksanakan. Dengan semakin banyaknya Klinik Gigi dengan fasilitas perawatan gigi estetika. Memiliki gigi yang rapi dan penuh memang impian kebanyakan orang. Sehingga ketika memiliki gigi ompong tentu saja akan sangat menjengkelkan dan ingin sekali untuk menutupi hal tersebut. Memiliki gigi ompong bisa menurunkan  rasa percaya diri, bahkan membuat kita kesulitan dalam mengunyah makanan. Tak perlu khawatir karena solusi yang tepat untuk mengembalikan kepercayaan diri yaitu dengan pasang gigi palsu di Jogja. Namun banyak sekali informasi yang harus Anda ketahui mengenai gigi palsu, baik itu jenis-jenisnya, cara pemasangan, cara merawat dan lain sebagainya. Maka dari itu simak ulasannya berikut ini.

Jenis-Jenis Gigi Palsu

pasang gigi palsu di jogjaBanyak sekali faktor yang bisa menyebabkan gigi ompong. Bisa jadi dikarenakan penyakit gusi atau bahkan kecelakaan yang mengakibatkan benturan keras pada mulut. Agar rasa percaya diri cepat kembali, harus segera diganti dengan gigi palsu. Ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat gigi palsu seperti  bahan akrilik, nilon dan metal. Gigi palsu ini bisa dibuat sangat mirip dengan gigi aslinya, sebagaimana berikut ini jenis-jenis gigi palsu:

  • Gigi Palsu Implan

Jenis gigi palsu yang pertama yaitu implan. Yang mana jenis gigi palsu ini bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari gigi lain dan termasuk gigi palsu permanen. Gigi palsu implan ini bisa berdiri sendiri dan bisa berfungsi baik seperti gigi aslinya, karena dental implant ditanam ke dalam gusi.

Detal implan memiliki dua bagian yaitu akar gigi dan mahkota gigi. Unuk akar giginya dipasang langsung pada gusi dan tulang rahang. Setelah akar buatan kuat, maka langkah selanjutnya pemasangan mahkota gigi yang jaraknya dengan akar sekitar satu setengah bulan untuk pemasangan.

  • Gigi Palsu Crown

Gigi palsu crown sangat cocok dipilih untuk kasus gigi karena keropos dan patah. Gigi crown ini pilihan yang tepat karena hanya akan menggantikan gigi yang patah pada bagian atasnya saja. Dengan kata lain gigi ini sebagai pengganti mahkota gigi dan tidak disertai dengan akar gigi. Pemasangan gigi palsu crown ini lebih cepat karena akar gigi tetap dipertahankan dan tidak perlu dicabut.

  • Gigi Palsu Bridge

Jika sebelumnya telah dijelaskan bahwa gigi implan ditanam dalam gusi serta menggunakan akar buatan, namun berbeda dengan gigi palsu Bridge. Yang mana gigi ini memanfaatkan gigi sebelahnya sebagai pegangan agar gigi palsu  ini bisa dipasang dengan bagus dan rapi, maka perlu dilakukan pengurangan ukuran gigi di sebelahnya.

  • Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu lepasan pastinya berbeda dengan gigi palsu permanen yang mana gigi jenis ini tidak akan terus melekat jika gigi permanen hanya dokter gigi yang bisa memasangnya. Namun untuk gigi palsu lepasan ini pengguna juga bisa memasangnya sendiri. Ada tiga jenis gigi palsu lepasan yaitu gigi palsu akrilik, gigi palsu valplast dan kerangka logam. Berikut ini penjelasannya:

  1. Gigi Palsu Akrilik

Gigi palsu jenis akrilik memang yang paling umum digunakan. Bisa dibilang jenis gigi palsu ini paling tua karena bahan yang digunakan dari plat akrilik. Sehingga gigi palsu jenis ini umumnya tebal. Dalam pemasangannya sebagai penyangga gigi palsu akrilik ini menggunakan kawat yang dipasang di bagian gigi sampingnya.

  1. Gigi Palsu Valplast

Gigi palsu lepasan jenis valplast memiliki tekstur yang lentur dan dalam pemasangannya tidak perlu menggunakan kawat. Karena gjgi palsu valplast ini terbuat dari bahan thermoplastic. Sehingga lebih nyaman saat digunakan jika dibandingkan dengan jenis gigi palsu lainnya.

  1. Kerangka logam

Gigi palsu jenis kerangka logam hampir sama dengan gigi palsu akrilik. Persamaan ini terletak pada cara penggunaan dan pemasangannya yang menggunakan kawat dan diterapkan pada gigi sebelahnya. Perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan karena kerangka logam ini lebih tipis yaitu terbuat dari logam.

Persiapan Sebelum Pasang Gigi Palsu

Selain perlu mengetahui macam-macam gigi palsu, Anda juga perlu mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum pasang Gigi Palsu Di Jogja. Persiapan yang terpenting yaitu Anda harus melakukan konsultasi beberapa kali dengan dokter bedah gigi yang sudah berpengalaman. Nantinya dokter gigi ini akan memeriksa keadaan gusi dan tulang penyusun gigi yang anda miliki. Setelah melakukan pemeriksaan ini nantinya akan diketahui bagaimana rencana perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter gigi ini akan melibatkan rontgen mulut, film panorama, atau CT scan. Selain itu dokter juga akan melakukan pemeriksaan secara fisik dan pencitraan. Bahkan riwayat medis Anda secara menyeluruh akan ditanyakan agar nantinya ketika pemasangan gigi tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika anda memiliki riwayat penyakit tertentu atau bahkan sedang mengkonsumsi obat secara rutin, sampaikan kepada dokter saat pemeriksaan dilakukan. Ketika dalam proses pemeriksaan berlanjut seringkali dokter menemukan masalah pada tulang penyokong gigi. Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan akan dilakukan bedah mulut agar masalah tersebut bisa diperbaiki dan stabilitas gigi palsu nantinya tidak terganggu.

Selain itu terkadang Anda harus mencabut gigi yang asli sebelum pemasangan gigi palsu, jika memang kondisi gigi dan mulut di sekitar lokasi pemasangan dalam keadaan kurang baik. Sebaliknya jika dalam keadaan baik, pemasangan gigi palsu bisa langsung dilakukan tanpa  perlu mencabut gigi asli.

Prosedur pemasangan gigi palsu

  • Gigi palsu lengkap

Banyak sekali prosedur pemasangan gigi palsu yang bisa disesuaikan dengan jenisnya, misalnya gigi palsu lengkap bisa dipasang setelah seluruh gigi bagian atas dan bawah dicabut secara bergantian. Sedangkan untuk pemasangan gigi palsu bisa dilakukan dengan segera atau bahkan menunggu beberapa waktu sesuai dengan anjuran dokter.

Setelah semua gigi yang rusak sudah dicabut, dokter akan mencetak gigi baru pada gigi palsu konvensional. Dengan kata lain untuk memasang gigi palsu ini anda harus beberapa kali bekunjung ke dokter gigi, karena sebelum pemasangan gigi palsu gusi harus dalam keadaan sembuh total. Setelah proses pencabutan proses penyembuhan gusi ini biasanya memakan waktu yang cukup lama bahkan hingga 2 sampai 3 bulan.

Tak perlu mengkhawatirkan bagaimana selama itu Anda bisa mengunyah makanan, karena anda bisa menggunakan gigi palsu sementara setelah beberapa gigi dicabut. Proses pemasangan gigi palsu ini terbilang cepat karena membutuhkan penyesuaian yang lebih banyak, hal ini perlu dilakukan dengan cepat karena penyokong gigi dan gusi bisa menyusut dan berubah bentuk.

Persiapan yang terpenting sebelum memasang gigi palsu lengkap yaitu Anda harus melakukan konsultasi beberapa kali dengan dokter bedah gigi yang sudah berpengalaman. Nantinya dokter gigi ini akan memeriksa keadaan gusi dan tulang penyusun gigi yang anda miliki.

  • Gigi palsu sebagian

Sebelum anda memasang gigi palsu permanen, tentu saja Anda harus mencabut bagian gigi asli yang sudah rusak. Nantinya gigi palsu yang digunakan sebagian sebagai pengganti 1 atau 2 gigi yang hilang, pemasangan gigi palsu ini tentu untuk mengisi ruang gigi yang kosong. berguna untuk mencegah gigi lainnya berubah posisi.

Pada gigi palsu sebagian terdapat gigi pengganti yang melekat pada plastik berwarna merah muda layaknya warna gusi, nantinya gigi pengganti ini dihubungkan menggunakan kerangka logam sebagai penahan gigi palsu agar tetap berada di tempatnya dan tidak mudah goyang. Fungsi dari kerangka logam ini sebenarnya sebagai pengait agar anda bisa lebih mudah melepas dan menggunakan gigi palsu tersebut tanpa bantuan dokter.

Terlebih dahulu dokter akan mengecek kondisi gigi dan tulang penyokong sebelum melakukan pemasangan gigi palsu. Sebelum pemasangan Anda juga akan diminta untuk mencoba beberapa contoh gigi palsu. Hal ini bertujuan agar nantinya gigi palsu bisa sesuai dengan bentuk gigi aslinya.

Mengapa Perlu Menggunakan Gigi Palsu?

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya apa sih pentingnya menggunakan gigi palsu? Sebenarnya ada beberapa alasan yang mendorong seseorang untuk memasang gigi palsu. Salah satu alasan yang paling banyak digunakan karena Gigi yang keropos sehingga bisa mengurangi rasa percaya diri. Selain itu alasan yang banyak digunakan karena gigi tanggal dan gigi patah.

Pentingnya gigi yang keropos tanggal atau patah untuk diganti dengan gigi palsu, agar fungsi gigi bisa tetap maksimal. Coba saja anda bayangkan jika gigi dalam keadaan keropos tentu saja proses mengunyah makanan akan terasa terganggu. Bahkan rasa sakit dan nyeri akan menyerang. Rasa nyaman juga akan berkurang jika gigi hilang saat mengunyah makanan. Itulah alasan utama kenapa memasang gigi palsu menjadi penting.

Alasan lain yang digunakan mengapa pemasangan gigi palsu penting yaitu untuk menunjang penampilan seseorang agar lebih percaya diri. Karena dengan adanya gigi keropos dan tanggal maka struktur gigi bisa berubah bahkan bisa mengubah struktur wajah. Rasa percaya diri akan berkurang jika salah satu gigi hilang, sehingga ketika tersenyum pun gigi ompong akan terlihat jelas.

Pemasangan gigi palsu tidak hanya melulu mengenai kualitas penampilan, namun untuk mengantisipasi pergeseran pada gigi. Karena jika gigi ompong maka gigi yang sebelahnya memiliki kesempatan untuk bergeser dari waktu ke waktu, sehingga gigi tidak akan rapi. Kemungkinan besar pada gigi yang bergeser tersebut sisa makanan akan mudah menyalip sehingga bisa mengakibatkan lubang baru dan kerusakan pada gigi lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Jenis Gigi Palsu

Kelebihan dan kekurangan pasti dimiliki setiap jenis gigi palsu. Maka dari itu penting untuk anda ketahui sebelum memutuskan untuk memasang gigi palsu. Misalnya untuk gigi palsu jenis lepasan, kelebihannya yaitu biayanya yang relatif murah. Sama halnya untuk jenis lepasan akrilik, meski harganya relatif murah namun gigi palsu ini cocok digunakan untuk gigi yang tanggal. Terlepas dari kelebihan pasti ada kekurangan yang dimiliki yaitu gigi palsu jenis ini mudah patah dan Aus.

Sedangkan untuk gigi palsu jenis permanen kekurangannya yaitu membutuhkan perawatan yang ekstra. Karena Gigi ini akan menempel pada gigi secara permanen, sedangkan untuk masalah harga terbilang mahal jika dibandingkan dengan jenis gigi palsu lepasan. Namun kelebihan dari gigi palsu permanen ini tidak akan membuat Anda repot untuk melepas atau memasang nya kembali.

Harga Menggunakan Gigi Palsu

Harga gigi palsu sangatlah beragam tergantung dari jenis apa yang dipilih. Selain itu pemilihan bahan juga berpengaruh terhadap harga. Untuk jenis gigi palsu permanen harganya juga sangat beragam, karena gigi jenis permanen ini terbuat dari beberapa bahan pilihan. Misalnya saja untuk jenis dental implant harganya cukup mahal, karena proses pemasangannya yang sangat sulit. Namun untuk gigi palsu lepasan harganya lebih terjangkau karena bisa lebih mudah dilepas dan dipasang. Meski begitu gigi lepasan ini kualitasnya juga bagus tergantung dari penggunanya.

Tips Merawat Gigi Palsu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya gigi palsu terdiri dari beberapa jenis baik itu jenis lepasan ataupun permanen. Meskipun hanya sebatas gigi palsu namun perlu dilakukan perawatan agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Bahkan gigi palsu ini bisa berubah warna dan tidak sesuai dengan gigi asli lainnya. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut ada beberapa tips yang harus anda lakukan untuk merawat gigi palsu, sebagaimana berikut ini tipsnya:

  • Untuk gigi palsu lepasan berhati-hatilah dalam melepas, memasang dan mencucinya. Peganglah gigi palsu dengan mantap agar bagian tertentu tidak bengkok atau bahkan patah.
  • Agar gigi palsu tidak berubah warna ataupun mudah rusak setelah makan sebisa mungkin lepas dan bersihkan. Agar makanan tidak menempel pada gigi palsu, alangkah baiknya jika membilasnya dengan air mengalir. Agar gigi tidak rusak dan terjatuh alasi dengan handuk di bagian bawahnya.
  • Rutinlah dalam menyikat gigi setiap harinya untuk membersihkan dari sisa makanan. Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut agar tidak merusak gigi palsu.
  • Setelah melepas gigi palsu alangkah baiknya jika Anda membersihkan rongga mulut. Selain itu perlu juga membersihkan bagian lidah, pipi dan langit-langit mulut serta tidak ketinggalan juga bersihkan bagian gusi yang terkena lem gigi palsu.
  • Agar gigi palsu tetap dalam keadaan lembab serta bentuknya tidak berubah, perlu melakukan perendaman gigi palsu dengan air yang bersuhu ruangan serta cairan khusus.
  • Setelah direndam bersihkan kembali gigi tersebut. Sebelum digunakan agar kotoran tidak menempel pada gigi, bersihkan dengan air yang mengalir. Apalagi saat direndam menggunakan cairan khusus yang mengandung zat kimia.
  • Agar gigi palsu tetap aman dan nyaman digunakan, lakukan kontrol rutin ke dokter gigi minimal 1 tahun sekali. Karena selama penggunaan gigi palsu gusi mengalami penyusutan. Jika hal tersebut terjadi, gigi palsu perlu diperbaiki, karena jika gigi tidak mendapatkan perbaikan lebih cepat bisa mengakibatkan sariawan, penurunan gusi, terkikisnya gigi dan infeksi pada gigi.
  • Perlu diketahui dalam merawat gigi palsu yaitu setiap malam harus dilepas, disikat dan direndam dalam wadah yang aman, hal ini bertujuan agar gigi palsu tidak tertempel dengan jamur atau kotoran lainnya. Jika hal tersebut terjadi tentu saja bisa mengganggu kesehatan mulut.
  • Keuntungan yang bisa anda dapatkan jika melepas gigi palsu ketika tidur yaitu bisa mengistirahatkan gusi dari tekanan gigi palsu, sehingga gusi akan tetap sehat dan terhindar dari resiko berbagai penyakit seperti sariawan.

Tips-tips tersebut tidak hanya bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, namun agar gigi palsu tetap awet dan tidak berubah warna. Bahkan dengan melakukan tips tersebut bisa mengantisipasi timbulnya bau mulut.

Itulah ulasan lengkap mengenai jenis gigi palsu, tips merawat gigi, harga gigi palsu, prosedur pemasangan gigi palsu dan lain sebagainya. Nah, bagi Anda yang berminat untuk Pasang Gigi Palsu Di Jogja Anda bisa berkunjung ke klinik kami. Untuk informasi lebih jelasnya Anda bisa hubungi kontak kami yang tersedia atau datang langsung ke klinik kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Click to Chat!
#
Agent (Online)
×

CS Apotek Az Zahra siap melayani Anda