Cara Mengatasi Asam Lambung

Cara Mengatasi Asam Lambung Dengan Aman Dan Cepat Tanpa Obat

Cara mengatasi asam lambung dengan cepat dan relative aman bisa kok anda lakukan dengan pengobatan mandiri. Apakah Anda pernah mengalami masalah terkait dengan lambung seperti asam lambung? Tentunya keadaan tersebut sangat menyiksa bukan? asam lambung yang berlebih atau disebut dengan dispepsia ini bisa menimbulkan rasa pedih dan panas pada ulu hati. Selain itu, asam lambung juga bisa membuat penderitanya merasa mual dan bahkan hampir muntah, perut kembung, sering bersendawa dan juga cepat kenyang. Jika sudah seperti ini maka harus diatasi keluhan yang diderita.

cara mengatasi asam lambungHal tersebut dikarenakan semua rasa yang tidak nyaman tersebut akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan bisa menyebabkan peradangan pada permukaan lambung atau disebut dengan penyakit gastritis. Penyakit ini lebih populer dengan sebutan maag atau asam lambung.

Gastritis atau maag adalah salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang kerap terjadi. Pada umumnya gastritis ini menyerang wanita yang rentan usianya sekitar 20-30 tahunan. Bahkan gastritis juga kerap menyerang orang lanjut usia sebab pelindung lambung lansia menipis seiring dengan bertambahnya usia. Biasanya asam lambung naik pada lansia juga dikarenakan pemakaian obat secara berlebihan.

Penyakit yang satu ini memang kerap dianggap sebagai penyakit yang biasa sehingga tak perlu melakukan penanganan lanjut. Sementara itu, asam lambung jika terus dibiarkan bisa menimbulkan kronik dan bisa berujung pada luka atau tukak pada lambung. Selain itu, asam lambung ini juga menyebabkan perdarahan lambung dan juga komplikasi lainnya seperti lapisan lambung pecah atau perforasi lambung.

7 Langkah Mengatasi Asam Lambung Dengan Gaya Hidup Sehat

  1. Menghindari atau Mengurangi Konsumsi Makanan dan Minuman

Berapa minuman perlu dihindari saat terkena asam lambung seperti kopi dan teh yang dikarenakan kedua minuman tersebut mengandung senyawa kafein. Nah, senyawa tersebutlah yang bisa merangsang produksi asam lambung yang berlebih. Jika asam lambung diproduksi secara berlebih maka hal tersebut bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati terutama bagi seseorang yang sensitif pada minuman berkafein.

Selain minuman berkafein, konsumsi makanan yang asam, pedas dan juga minum alkohol yang berlebihan bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga bisa mengiritasi permukaan lambung yang kemudian akan menyebabkan luka. Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti pada gorengan juga kerap menjadi penyebab naiknya produksi asam lambung dan membuat tidak nyaman pada lambung.

  1. Hindari Minum Es Jeruk

Sebagaimana penelitian yang pernah dilakukan pada 400 pasien GERD kemana 72% nya melaporkan bahwa gangguan asam lambung mereka semakin buruk jika minum es jeruk. Hal tersebut dikarenakan keasamaan pada buah jeruk menjadi salah satu faktor yang paling berkontribusi meningkatkan produksi asam lambung. Dalam penelitian tersebut juga menemukan bahwa jeruk yang ph-nya netral juga bisa memperburuk asam lambung.

Pada dasarnya, dalam buah jeruk sendiri tidak akan berpengaruh pada sfingter esofagus yang berada di bagian bawah sebagaimana minuman berkarbonasi dan berkafein. Maka dari itu efek asam lambung kemungkinan dipengaruhi oleh komposisi yang lainnya dan hal tersebut diyakini bisa mengiritasi lapisan esofagus. Jadi pada intinya meskipun es jeruk kemungkinan tidak menyebabkan asam lambung naik secara langsung, tetapi es jeruk bisa memperburuknya gejala asam lambung.

  1. Meninggikan Kepala Ketika Berbaring

Gejala asam lambung paling sering terjadi ketika malam hari terutama bagi Anda yang punya kebiasaan makan malam lalu langsung berbaring atau tidur. Apabila gejala asam lambung sudah muncul saat malam hari tentunya akan membuat Anda tidak nyaman sehingga akan menyebabkan masalah kualitas tidur.

Dalam sebuah studi juga telah menunjukkan bahwa apabila posisi berbaring dengan kepala diangkat atau lebih tinggi misalnya seperti bersandar bisa meredakan gejala dan tanda-tanda asam lambung. Hal tersebut tentunya jika dibandingkan dengan tidur posisi kepala yang sejajar atau setara dengan tubuh.

Di samping itu, studi lainnya juga telah menyatakan bahwa dengan meninggikan kepala saat berbaring atau tidur menjadi salah satu strategi yang paling efektif untuk mengurangi masalah asam lambung yang terjadi pada malam hari.

  1. Selesai Makan Jangan Langsung Tidur atau Berbaring

Apabila perut masih dalam kondisi penuh oleh makanan, maka sebaiknya Anda jangan langsung tidur atau berbaring begitu saja. Hal tersebut tentunya bisa menyebabkan asam lambung dan juga isi makanan naik ke kerongkongan yang kemudian akan timbul rasa terbakar dan rasa mual di dada. Maka dari itu, untuk efektifnya cara mengatasi asam lambung ini sebaiknya setelah makan kenyang tetaplah duduk atau bisa dengan berjalan santai sekitar 1 sampai 2 jam.

  1. Mengurangi Stres

Stress yang terjadi bisa memicu tingginya produksi asam lambung dan inilah yang paling banyak dialami oleh orang-orang. Satu hal yang harus Anda ingat selalu yaitu hanya diri Anda yang paling paham dengan tubuh Anda. Mekanisme pertahanan stress pada masing-masing orang juga tentunya berbeda satu dengan yang lainnya. Misalnya mengurangi stres dengan cara melakukan olahraga, banyak makan, melakukan hobi atau juga berekreasi.

Jika Anda merasa stress dalam hidup Anda, maka Anda bisa mencoba berbagai hal tersebut bersama dengan keluarga ataupun orang terdekat Anda. Bahkan bisa lebih ringan apabila Anda bisa berbagi cerita ataupun pendapat dan solusi dengan orang-orang terdekat yang mungkin bisa membantu masalah yang sedang Anda hadapi.

  1. Kunyah Permen Karet

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwasanya ada cara mengatasi asam lambung dengan mengunyah permen karet. Tentunya permen karet yang dikunyah adalah yang mengandung bikarbonat. Temuan tersebut telah menunjukkan bahwasanya dengan mengunyah permen karet mampu mempengaruhi produksi air liur sehingga akan membantu mengurangi asam lambung di kerongkongan.

Namun meskipun demikian, tentunya hal tersebut tidak sepenuhnya bisa mengurangi asam lambung secara total. Tentunya Anda juga harus tetap melakukan langkah-langkah lainnya agar refluks asam lambung hilang secara total.

  1. Tidur Berbaring di Sisi Kiri

Agar asam lambung yang ada cerita tidak semakin parah terutama pada malam hari, maka untuk mengatasi asam lambung tersebut bisa dengan cara tidur berbaring di sisi kiri selain cara mengangkat posisi kepala. bahkan beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwasanya tidur berbaring di sisi kanan akan memper buruk asam lambung saat malam hari.

Namun alasannya masih tidak sepenuhnya jelas, namun kemungkinan akan dijelaskan secara anatomi tubuh. Dari sisi sebelah kanan adalah tempat saluran di kerongkongan memasuki perut sehingga sfingter esofagus akan berada di bagian bawah dengan posisi yang lebih tinggi. Yang mana letaknya ada di atas batas asam lambung saat Anda tidur di sisi kiri.

Sedangkan apabila Anda tidur berbaring di sisi kanan, maka asam lambung ini berada di posisi yang lebih tinggi sehingga menutupi sfingter esofagus. Kondisi tersebut mampu meningkatkan risiko bocornya asam lambung kemudian akan melewati saluran tersebut dan terjadilah refluks asam lambung.

Nah, itulah 7 cara sehat mengatasi asam lambung yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Akan tetapi jika gejala dan tanda-tanda asam lambung naik yang tak kunjung mereda dan bahkan semakin buruk, maka sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan ke dokter. Atau dengan mengunjungi Apotek Az-Zahra yang beralamatkan Jl. Raya Piyungan – Prambanan KM3 Srimartani untuk warga Prambanan Berbah Piyungan Dlingo Patuk dengan telpun 0821-3485-1327 dan Apotek Az-Zahra Medika di Jl. Raya Pleret Depan Balong Water Park untuk warga Banguntapan Pleret Imogiri Jetis Kotagede Yogyakarta dan sekitarnya dengan telpun0821-3592-8716. Layanan apotek 24 jam terus menerus. Silakan bisa berkonsultasi Gratis dengan apoteker dan staf.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Click to Chat!
#
Agent (Online)
×

CS Apotek Az Zahra siap melayani Anda