Apotek 24 Jam di Jogja Terdekat Dari Lokasi Anda

Mencari Apotek 24 Jam Di Jogja Terdekat dan Terlengkap

Mencari apotek 24 jam di Jogja terdekat dari lokasi anda saat ini ? Sekarang sudah cukup mudah. Beberapa brand ternama membuka outletnya di Yogyakarta, kota budaya. Juga kota pelajar dan mahasiswa. Kebutuhan akan obat-obatan memang sekarang sudah cukup terasa, mengingat saat ini sudah memasuki cuaca yang tidak menentu. Dengan demikian gaya hidup yang buruk bisa membuat berbagai penyakit semakin mudah datang dan menyerang tubuh kita. Hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat banyak orang harus meluangkan tenaga dan waktunya untuk membeli obat di apotek 24 jam di Jogja.

apotek 24 jam di jogja terdekatBahkan tak jarang pula banyak juga orang-orang yang mencari obat secara mendadak karena memang ada penyakit yang harus segera minum obat. Maka dari itu apotek 24 jam di Jogja terdekat dari posisi anda sekarang  sangat dibutuhkan sehingga bisa membeli obat kapan saja walaupun saat tengah malam.

Pengertian Apotek

Apotek merupakan salah satu tempat yang di dalamnya telah diatur menurut Peraturan Pemerintah No.26 Tahun 1965 yang mana boleh mengadakan pelayanan dalam bidang farmasi dan juga pekerjaan kefarmasian seperti peracikan, pembuatan, pengubahan bentuk, pengolahan, penyimpanan, pencampuran dan juga penyerahan obat ataupun bahan obat.

Bukan hanya itu saja, peran dari apotek ini juga sebagai penyalur perbekalan kesehatan di dalam bidang farmasi misalnya seperti bahan obat, kosmetika, obat, alat-alat kesehatan, obat asli Indonesia dan lain sebagainya. Untuk mendirikan apotek sendiri perlu mendapatkan izin dari menteri kesehatan.

Sedangkan untuk melakukan pengolahan apotek, maka bisa dilakukan oleh lembaga pemerintah, baik itu daerah maupun pusat ataupun oleh perusahaan swasta, perusahaan negara, operasi dan lain sebagainya. Sebagaimana yang termaktub dalam Undang- undang No.7 Tahun 1963 tentang Farmasi, bahwasanya tanggung jawab teknis formasi berada ditangan apoteker.

Karena apotek adalah alat penyalur perbekalan farmasi, maka apotek termasuk dalam sarana pelayanan kesehatan yang di dalamnya wajib menyediakan serta menyalurkan perbekalan farmasi seperti obat dan lain-lain yang masyarakat butuhkan. Di samping itu, apotek juga harus membantu dan juga mendukung terlaksananya usaha milik pemerintah guna menyediakan obat-obatan yang merata dan harganya terjangkau bagi masyarakat terutama mereka yang memiliki penghasilan rendah.

Perbedaan Apotek dan Toko Obat

Apakah Anda tahu perbedaan antara apotek dengan toko obat? Bagi masyarakat yang tempat tinggalnya berada di lingkungan perkotaan, maka mereka bisa membeli obat baik itu di toko obat maupun di apotek 24 jam di Jogja terdekat . Jadi secara umum toko obat dan apotek adalah tempat yang sama-sama menjual obat-obatan eceran. Akan tetapi kedua tempat tersebut sebenarnya punya perbedaan.

Seperti yang termaktub dalam peraturan yang berlaku di Indonesia bahwa toko obat sebenarnya hanya sebatas diizinkan untuk melakukan aktivitas berupa menjual obat-obatan bebas. Selain itu mereka juga diizinkan untuk menjual alat kesehatan ringan misalnya seperti kapas, plester, perban dan lain sebagainya. Sedangkan penanggung jawab toko obat adalah asisten apoteker yakni seseorang yang minimal lulusan SMK jurusan teknik farmasi.

Nah, sedangkan apotek diizinkan dan diperbolehkan untuk menjual segala jenis obat-obatan, mulai dari obat dengan resep dokter sampai dengan obat-obatan bebas. sedangkan penanggung jawab utama apotek adalah seorang apoteker yang mana minimal ia lulus fakultas farmasi.

  • Toko Obat Berizin

Yang dinamakan dengan toko obat berizin atau pedagang obat eceran adalah suatu lembaga maupun seseorang yang sudah mengantongi izin untuk melakukan penyimpanan baik itu obat-obatan bebas maupun obat-obatan bebas terbatas yang kemudian dijual lagi pada masyarakat sesuai dengan surat izin.

Sedangkan dasar hukum atas pendirian toko obat berizin yang ada di Indonesia yaitu SK Menkes RI No. 1189A/Menkes/SK/X/1999 terkait dengan wewenang penetapan izin pada bidang kesehatan. Selain itu terdapat pada beberapa dasar yaitu SK Menkes RI No. 167/Kab/VII/1972 terkait dengan pedagang eceran obat, SK Menkes RI No. 1331/Menkes/SK/X/2002 terkait dengan perubahan atas peraturan menteri RI No. 167/Kab/VII/1972 yaitu peraturan tentang pedagang eceran obat dan berdasarkan atas SK dari wali kota setempat. Sedangkan untuk masa berlaku dari SK izin toko obat tersebut yaitu selama 2 tahun.

  • Apotek

Apotek merupakan tempat ataupun toko yang digunakan untuk meramu dan juga menjual obat yang berdasarkan resep dokter. Selain itu apotek juga diperbolehkan untuk memperdagangkan barang medis. Apotek juga bisa diartikan sebagai toko ataupun tempat tertentu yang di dalamnya dilakukan suatu pekerjaan kefarmasian serta melakukan penyaluran persediaan farmasi atau juga bisa perbekalan kesehatan lainnya bagi masyarakat.

Di dalam apotek terdapat penanggung jawab bernama apoteker yang mana ia sudah sarjana farmasi dan telah mengucapkan sumpah jabatan dengan berdasarkan atas perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan untuk mendirikan apotek harus berdasarkan atas surat izin apotek (SIA) yang merupakan sebuah surat izin yang akan dikeluarkan oleh menteri kepada para apoteker yang akan bekerja sama dengan pihak pemilik sarana untuk bisa mengadakan apotek di tempat tertentu.

Untuk dasar hukum apotek sendiri telah diatur dalam undang-undang di antaranya UU Obat Keras St. 1937 No. 541, UU No. 22 tahun 1997 terkait dengan narkoba, SK Menkes RI No. 922/SK/Menkes/X/1993 terkait dengan ketentuan dan tata cara pemberian izin apotek, UU No. 5 tahun 1997 terkait dengan Psikotropika, SK Menkes No. 1189A/Menkes/SK/X/1999 terkait dengan wewenang penetapan izin pada bidang kesehatan serta PP No. 41 tahun 1980 terkait dengan masa bakti serta izin kerja apoteker.

  • Perbedaan

Berdasarkan dari uraian penjelasan antara apotek dengan toko obat, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa keduanya punya perbedaan yaitu sebagai berikut:

  1. Toko obat berizin hanya diperbolehkan untuk menjual alat kesehatan ringan dan juga obat-obatan bebas. Sedangkan yang diperbolehkan untuk menjual segala jenis obat adalah apotek.
  2. Apoteker adalah seorang penanggung jawab dalam apotek dan asisten apoteker menjadi penanggung jawab pada toko obat berizin.
  3. Masa berlaku lagu atau SK izin toko obat adalah selama 2 tahun sedangkan masa berlaku surat izin apotek (SIA) bisa mencapai 5 tahun dan pada setiap tahun harus melakukan registrasi berkala

Kelebihan Menggunakan Layanan Apotek 24 Jam Online

Semakin canggihnya perkembangan teknologi membuat aktivitas manusia semakin dimudahkan. Bahkan dalam urusan membeli obat pun dimudahkan dengan adanya apotek online dan apotek 24 jam di Jogja terdekat sekarang. Apalagi saat ini apotek yang menggunakan sistem online sudah ada di mana-mana sehingga akan memberikan banyak sekali manfaat pada ada orang-orang maupun pasien yang sedang membutuhkan obat secara praktis.

Bukan hanya banyak memberikan manfaat, akan tetapi apotek online juga punya banyak sekali kelebihan. Nah, di bawah ini akan kami sebutkan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh apotek online:

  • Caranya Sangat Mudah

Kelebihan dengan menggunakan layanan apotek 24 jam di Jogja secara online yang pertama yaitu caranya sangat mudah. Mulai dari proses pemesanan sampai dengan transaksi. Hal tersebut dikarenakan untuk memesan obat cukup dengan melakukannya secara online dan membayarnya juga tentunya secara online. Namun tak jarang juga apotek online memberikan kemudahan untuk bertransaksi secara tunai ketika obat sudah datang.

Bukan hanya itu saja, bagi orang yang telah lanjut usia maupun orang cacat dan lain sebagainya saat mereka membutuhkan obat dan tidak bisa datang langsung ke apotek, maka apotek 24 jam di Jogja terdekat dengan sistem online ini sangat membantu mereka untuk mendapatkan obat.

  • Hemat Waktu

Jika Anda adalah orang yang punya kesibukan cukup padat yang tidak memungkinkan bagi Anda untuk membeli obat ke apotek, maka dengan adanya apotek online akan sangat membantu Anda. Hal tersebut dikarenakan Anda bisa mendapatkan obat dimana saja dan kapan saja tanpa harus keluar dan waktu Anda pun tidak terbuang. Sedangkan bagi orang-orang yang sudah lanjut usia hadirnya apotek online ini sangat membantu mereka sehingga tak perlu meminta bantuan orang lain untuk mengantarkannya ke apotek karena akan diantar langsung ke rumah..

  • Menjaga Kerahasiaan Pelanggan

Keuntungan yang didapatkan dari adanya apotek 24 jam di Jogja dengan sistem online yaitu bisa menjaga kerahasiaan para pelanggannya. Dengan demikian Anda tak perlu khawatir apabila punya penyakit yang tidak ingin orang lain tahu yaitu dengan membeli obat di apotek secara online.

  • Mendapatkan Informasi Selengkap-lengkapnya

Apotek 24 jam di Jogja yang terdekat dan terlengkap bukan hanya memberikan kemudahan kepada pelanggannya saja, Akan tetapi Anda bisa mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya terkait dengan obat yang akan Anda beli tersebut. Bahkan Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait dengan penyakit yang sedang Anda derita tanpa harus bertatap muka secara langsung.

  • Bisa Konsultasi Secara Gratis

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ketika membeli obat di apotek online juga bisa mendapatkan informasi obat dengan sangat lengkap. Selain itu Anda juga bisa melakukan konsultasi secara gratis kepada para apoteker yang biasanya terdapat pada aplikasi apotek online ataupun dengan aplikasi WhatsApp yang sangat popular. Memang pada umumnya apotek online bukan hanya menyediakan penjualan obat saja namun juga beserta konsultasi secara gratis.

Dengan demikian Anda bisa langsung menanyakan terkait dengan gejala penyakit yang sedang Anda rasakan kepada para apoteker di apotek online tersebut. Jika Anda sudah menanyakan terkait dengan apa yang Anda keluhkan, maka pertanyaan Anda akan ditampung dan Anda akan mendapatkan jawabannya. Dengan demikian obat yang Anda dapatkan akan lebih akurat sesuai dengan penyakit yang Anda derita.

  • Banyak Pilihan Tipe Obat

Dengan adanya apotek 24 jam di Jogja secara online akan Anda rasakan kelebihannya berupa banyaknya pilihan tipe obat yang bisa Anda pilih. Apalagi setiap penyakit biasanya punya tingkatan-tingkatan sehingga obat yang dibutuhkan juga tak bisa hanya satu pilihan saja. Nah, dengan adanya apotek online ini maka pilihan obat tersebut bisa Anda pilih secara langsung tanpa susah payah kehabisan obat seperti yang biasanya terjadi pada apotek offline.

Nah, itulah tadi beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari apotek 24 jam di Jogja yang menggunakan sistem online. Maka dari itu memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan berbagai aktivitas Anda termasuk membeli obat.

Tips Memilih dan Membeli Obat di Apotek 24 Jam

Apabila Anda sedang merasakan suatu sakit tertentu, maka Anda harus bersiap-siap untuk merogoh kocek yang digunakan berobat. Untuk apa sendiri memang bisa Anda dapatkan di beberapa tempat yaitu toko obat dan juga apotek. Namun Anda akan menanggung risiko yang selalu mengintai pilihan Anda.

Apabila Anda membeli obat di apotek, maka resikonya Anda bisa mendapatkan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan membeli obat di toko obat. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Itu dikarenakan apotek punya tanggungan biaya yang tentunya lebih banyak misalnya seperti pajak dan juga biaya promosi besar-besaran dari para produsen. Dengan demikian akan menjadikan harga jual obat menjadi lebih mahal.

Sedangkan untuk toko obat sendiri akan memberikan harga jual obat yang lebih murah yaitu sekitar 20 sampai 50%. Contohnya ketika Anda membeli obat darah tinggi yang diharuskan untuk dikonsumsi setiap hari, Jika harga di apotek sekitar 4.000 sampai 5.000 rupiah per butirnya, maka di toko obat harganya hanya Rp 2.000 per butir.

Ada satu contoh lagi misalnya jika Anda membeli obat pelangsing di apotek harganya Rp 365.000 sedangkan Jika Anda membeli di toko obat hanya Rp 315.000 per kemasan. Nah, dalam hal ini apakah Anda sudah menjamin keamanan dan juga keaslian dari obat tersebut? Tentunya hal tersebut akan berdampak pada kesehatan Anda. maka dari itu salah satu cara yang paling tepat untuk membeli obat adalah di apotek 24 jam di Jogja terdekat saat ini.

Akan tetapi apabila Anda masih tetap ingin membeli obat tidak di apotek atau di toko obat, maka Anda harus waspada dan hati-hati dengan beredarnya obat palsu yang marak di pasaran. Memang banyak sekali masyarakat yang suka membeli obat di toko obat karena memang harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan di apotek.

BPOM atau badan pengawas obat dan makanan pernah menemukan obat palsu sekitar 20 merek yang mana obat tersebut terang-terangan dijual secara bebas. Hal tersebut menjadi bukti bahwa peredaran obat palsu yang berbahaya sangat sulit untuk diberantas secara tuntas.

Apabila dilihat dari khasiat yang ditawarkan obat-obatan tersebut, maka banyak ditemukan bahwa obat palsu yang dijual bukanlah jenis obat sembarangan. Mulai dari obat kanker, obat untuk pengidap kencing manis, obat darah tinggi, obat jantung dan bahkan sampai cairan infus.

Apalagi pada beberapa tahun lalu pernah terjadi penarikan obat flu yang beredar di pasaran karena di dalamnya terkandung Phenylpropanolamine (PPA) dengan dosis yang tinggi. Jika dosis tersebut sudah melewati batas, maka bisa meningkatkan risiko stroke dan pendarahan pada otak.

Nah, agar Anda bisa terhindar dari obat-obatan palsu, maka Anda harus mengetahui tips memilih dan membeli obat yang akan kami ulas di bawah ini:

  • Anda harus memastikan bahwa merk obat dan juga nama industri pembuatnya jelas
  • Lebih baik pilih dan beli obat di apotek yang tentunya paling aman meskipun harganya lebih mahal namun tetap berada pada pengawasan yang terjamin
  • Kode produksi seperti tanggal kadaluarsa harus diperhatikan. Selain itu perhatikan juga logo dan ciri-ciri kemasan serta keterangan lainnya yang ada pada obat tersebut. Ciri dari obat palsu biasanya kemasannya akan lebih jelek
  • Saat membeli obat sebaiknya mintalah nota atau kwitansi yang mencatat lengkap seperti nama toko dan nama obatnya. Hal tersebut dikarenakan jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda sudah punya pegangan untuk dijadikan sebagai senjata saat menuntut secara hukum
  • Apabila Anda sudah mendapatkan obat dan sudah dikonsumsi namun masih tidak menimbulkan efek yang lebih baik pada kesehatan Anda, mengapa hal tersebut perlu untuk dicurigai. Anda bisa melakukan pengembalian dan tanyakan pada dokter bahwa obat tersebut tidak bereaksi dan tidak cocok. Jika Anda ingin mendapatkan kepastian yang lebih jelas bisa memeriksakannya ke laboratorium.

Nah, untuk mendapatkan obat yang asli dan tentunya mudah untuk didapatkan, Anda bisa membeli di apotek 24 jam di Jogja terdekat terlengkap bahkan termurah di Apotek Az-Zahra 24 Jam yang berada di Jl. Piyungan – Prambanan KM3 Srimartani Piyungan Bantul Telp. 0821-3485-1327 . Aman, mudah dan tentunya asli.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Click to Chat!
#
Agent (Online)
×

CS Apotek Az Zahra siap melayani Anda